Ingin menjadi Aktor atau Sutradara dalam dunia mimpi sendiri? ayo coba LUCID DREAM!

apakah ketika anda tidur, anda pernah bermimpi ? tentunya pasti anda semua pernah bermimpi dalam tidur. Tetapi, apakah anda pernah mengalami bahwa mimpi itu seolah-olah nyata dan anda merasa sebagai bagian dari mimpi tersebut? hmmm

itu semua adalah “lucid dream” . Singkatnya, Lucid Dream adalah keadaan dimana kita sadar kalau kita sedang bermimpi. Dengan kata lain, tujuan penelitian ini adalah membuat seseorang dapat masuk ke keadaan lucid dream secara sadar dan sesuai keinginan.Bahkan  Lucid Dream dapat mengatur jalan cerita (alur) mimpi dari awal hingga akhir, atau dengan kata lain anda adalah seorang aktor dan sutradara.
 namun dalam lucid dream ada yang di namakan Sleep Paralysis atau lebih sering dengan sebutan “ketindihan”. Menurut medis, keadaan ketika orang akan tidur atau bangun tidur merasa sesak napas seperti dicekik, dada sesak, badan sulit bergerak dan sulit berteriak disebut sleep paralysis alias tidur lumpuh (karena tubuh tak bisa bergerak dan serasa lumpuh). Hampir setiap orang pernah mengalaminya. Setidaknya sekali atau dua kali dalam hidupnya.
Sleep paralysis bisa terjadi pada siapa saja, lelaki atau perempuan. Dan usia rata-rata orang pertama kali mengalami gangguan tidur ini adalah 14-17 tahun. Sleep paralysis alias tindihan ini memang bisa berlangsung dalam hitungan detik hingga menit. Yang menarik, saat tindihan terjadi kita sering mengalami halusinasi, seperti melihat sosok atau bayangan hitam di sekitar tempat tidur.Menurut Al Cheyne, peneliti dari Universitas Waterloo, Kanada, sleep paralysis, adalah sejenis halusinasi karena adanya malfungsi tidur di tahap rapid eye movement (REM).
Sebagai pengetahuan, berdasarkan gelombang otak, tidur terbagi dalam 4 tahapan. Tahapan itu adalah tahap tidur paling ringan (kita masih setengah sadar), tahap tidur yang lebih dalam, tidur paling dalam dan tahap REM. Pada tahap inilah mimpi terjadi.
Saat kondisi tubuh terlalu lelah atau kurang tidur, gelombang otak tidak mengikuti tahapan tidur yang seharusnya. Jadi, dari keadaan sadar (saat hendak tidur) ke tahap tidur paling ringan, lalu langsung melompat ke mimpi (REM).
Ketika otak mendadak terbangun dari tahap REM tapi tubuh belum, di sinilah sleep paralysis terjadi.
Image

berikut langkah-langkah lucid dream :

Pada umumnya teknik induksi ini dibagi secara 2 garis besar :

Wake Induce, adalah teknik masuk lucid dream dengan induksi kesadaran. (wake).

Dream Induce, adalah teknik masuk lucid dream dengan induksi mimpi. (dream).

  • WAKE INDUCE

A. WILD (Wake Induced Lucid Dreams), adalah teknik yang dilakukan dengan ‘kesadaran’ orang terebut untuk masuk ke fase lucid. Atau dengan kata lain kita tidak tidur dalam arti sebenarnya dan tetap terjaga hingga melewati fase REM (Rapid Eye Movement) dan Sleep Paralyze yang dimana akan langsung terhubung ke dunia lucid.
* Langkah-langkah :
1. Relaks, dan tanamkan secara tegas sebelum tidur bahwa ‘saya akan melakukan lucid dreaming’.
2. Pejamkan mata, visualisasikan hal yang tidak membutuhkan imajinasi atau emosi tinggi (seperti gradasi warna, landscape, dll). Tetap usahakan diri anda agar tetap terjaga dan tidak terbawa untuk masuk ke deep sleep.
3. Nikmati segala fase yang dirasakan, entah itu getaran/tarikan/dll. Jangan pernah berontak ketika fase ini terjadi.
4. Anda akan segera masuk ke fase sleep paralyze, hal terpenting adalah jangan memunculkan rasa takut anda sedikit pun disini. Ini fase dimana anda seolah terbangun, tetapi tidak dapat menggerakan anggota tubuh anda.
5. Tunggu beberapa saat. Tidak lama kemudian anda akan merasa terjatuh ke dalam lubang dan visualisasi anda akan blur/gelap.
6. Sekarang silahkan coba gerakkan anggota tubuh anda, berhasil bukan?

B. FILD (Finger Induced Lucid Dream), adalah teknik yang ditemukan oleh member DreamViews bernama hargarts. Teknik ini dilakukan dengan bantuan gerakan-gerakan jari yang akan membantu kita untuk masuk ke fase lucid.
* Langkah-langkah :
1. Set alarm sekitar 2-3 jam setelah anda tertidur, lalu bangun.
2. Cobalah relaks, pejamkan mata.
3. Sekarang gerakkan jari jemari anda (jari telunjuk & tengah) keatas dan kebawah seolah anda sedang bermain piano. Lakukan dengan perlahan tanpa mengeluarkan energi berlebih.
4. Setelah sekitar 20-30 detik, lakukan reality check dengan cara nose plugging (menutup lubang hidung), jika anda bisa bernafas, berarti anda telah masuk ke dalam dunia lucid. Tapi jika anda gagal, cobalah tidur selama beberapa menit terlebih dahulu, lalu ulangi cara ini dari awal.

C. CILD (Chakra Induced Lucid Dream), adalah teknik yang menggunakan bantuan Third Eye Chakra untuk mencapai fase lucid dream. Posisi mata ketiga ada di antara kedua alis mata.
* Langkah-langkah :
1. Posisikan mata anda ke Third Eye, perhatikan baik-baik, tahan posisi mata anda dan pejamkan.
2. Setelah terpejam afirmasikan diri anda bahwa saya akan melakukan lucid dreaming, lalu visualisasikan diri anda sedang berada pada fase lucid.
3. Jika setelah kira-kira 3 menit anda belum juga tertidur, buka mata, kembalikan dalam posisi normal dan cobalah kembali tidur.
P.S : Teknik ini belum tentu cocok untuk semua orang, jika dirasa kurang nyaman dimohon untuk tidak dilakukan.

D. EILD (Electrical/External Induced Lucid Dreams), adalah teknik yang menggunakan alat bantu eksternal untuk mencapai fase lucid dream. Contohnya seperti Googles Nova Dreamer, Vibrating Watch, Brainwaves, dan program/alat induksi lainnya.

  • DREAM INDUCE

A. DILD (Dream Induced Lucid Dreams), adalah teknik yang menggunakan ‘kepekaan’ diri terhadap mimpi untuk mencapai fase lucid dream. Atau dengan kata lain ketika anda sedang bermimpi, anda sadar ini adalah mimpi, dan dengan keinginan untuk lucid dream, anda akan masuk dan dapat melakukan dream bending.
* Langkah-langkah :
1. Niatkan diri untuk melakukan lucid dream, lalu lakukan tidur secara normal.
2. Selalu berpikir kritis dan logis. Sehingga ketika anda sedang bermimpi muncul suatu hal yang tidak rasional (seperti bertemu orang yang sudah meninggal/berbicara dengan makhluk lain), anda akan langsung tersadar dan berkata, “Ini mimpi!”, lalu cobalah untuk menggerakan anggota tubuh anda.
* Alternatif :
1. Biasakan melakukan Reality Check, karena RC adalah salah satu penyebab besar terjadinya lucid dream. Khususnya ketika bangun tidur atau ketika anda berada di tempat tidur, hal ini dilakukan agar meminimalisir terjadinya false awakening.
2. Membuat sign, umumnya berupa sebuah coretan huruf/kata di anggota tubuh (lengan) menggunakan pena/pisdol. Terus ingat selalu tanda tersebut, tanamkan kedalam memori anda bahwa “Jika saya bermimpi tanda ini akan selalu muncul”. Jika komunikasi alam bawah sadar berhasil, niscaya anda akan dapat menemukan tanda itu ketika dalam mimpi.

B. DEILD (Dream Exit Induced Lucid Dreams), adalah teknik yang menggunakan kesadaran diri pada fase REM untuk mencapai fase lucid dreaming.
* Langkah-langkah :
1. Niatkan diri untuk melakukan lucid dream, lalu lakukan tidur secara normal. (sebelumnya pastikan bagi yang ingin menggunakan teknik ini sudah memiliki dream recall yang cukup baik)
2. Teknik ini didasari pada fase REM, ketika anda bermimpi berarti anda berada pada salah satu perputaran fase REM. Jadi usahakan diri untuk terbangun ketika fase REM/mimpi itu selesai, tetapi jika dirasa sulit set alarm/Lucid Timer sekitar 3 – 4 jam setelah anda tidur. (usahakan menggunakan suara reminder/alarm yang soft [jangan lupa juga set alarm akan mati secara otomatis setelah 1 – 2 menit])
3. Ketika alarm soft ini berbunyi anda akan berada pada posisi ‘antara bangun dan tidak’. Tetapi ingat, jangan melakukan gerakan apapun! Hal ini ditujukan agar tubuh masih bisa kembali ke fase REM dengan kesadaran, atau dengan kata lain masuk mimpi dengan sadar dan anda akan dapat melakukan lucid dream.
4. Niknmati semua fase yang dirasa, karena teknik ini umumnya juga melewati sleep paralyze tetapi dalam waktu yang lebih singkat. Teknik ini juga bisa kita sebut dengan ‘Short WILD‘.

C. MILD (Mnemonic Induced Lucid Dreams), adalah teknik yang ditemukan oleh Dr. Stephen LeBerge. Teknik ini dilakukan dengan bantuan afirmasi dan mimpi yang sebelumnya telah terjadi.
* Langkah-langkah :
1. Niatkan diri untuk melakukan lucid dream, lalu lakukan tidur secara normal. (sebelumnya pastikan bagi yang ingin menggunakan teknik ini sudah memiliki dream recall yang cukup baik)
2. Sebelum tertidur, tanamkan kepercayaan kepada pikiran alam bawah sadar bahwa nanti ketika bermimpi anda akan lekas terbangun dan mengingat segala detail dan dream sign mimpi. (dapat juga dengan memasang alarm 4 – 4.5 jam setelah kita tidur)
3, Setelah terbangun, langsung catat mimpi yang tadi kalian alami di sebuah buku (Dream Journal), usahakan untuk melakukan dream recall dengan sebaik mungkin.
4. Cobalah untuk kembali tidur, visualisasikan mimpi tadi dengan detail, dan usahakan untuk masuk kembali dalam mimpi tersebut untuk ‘melanjutkan’ mimpi yang sudah kalian alami. Sebut secara konstan dalam hati: “Ketika nanti saya bermimpi, saya akan sadar, dan saya akan melakukan lucid dreaming”.
5. Ingat, selalu aware untuk segala dream sign dan melakukan reality check .
5. Welcome to the dream world!

*NOTE : Semua teknik induksi diatas dianjurkan dilakukan dengan menggunakan bantuan WBTB.

A.1. WBTB (Wake Back To Bed), dalam aplikasinya WBTB dapat dilakukan untuk mengoptimalkan semua teknik-teknik lucid dreaming. Teknik ini mengaharuskan anda untuk tidur sebelumnya, dan setelah 3-4 Jam bangunlah sebentar, minum segelas air putih. Lalu lanjutkan tidur anda dengan menggunakan teknik induksi yang anda inginkan.

Dampak negatif Lucid Dream

Selama tidak dilakukan secara berlebihan, tidak ada dampak fisik negatif dari Lucid Dream. Beberapa kasus stres mungkin muncul jika Lucid Dream anda bersifat mengerikan atau menakutkan. Dalam kasus lucid dream yang akut, beberapa orang mungkin kehilangan motivasi di dunia nyata karena mereka merasa bisa mendapatkan apapun di dunia mimpi. Satu hal yang anda harus ingat, segala hal dalam Lucid Dream hanyalah mimpi, tidak ada yang berupa kenyataan.

selamat mencoba !🙂 tetapi jika anda mencoba, jangan pernah kaget, takut, panik atau apapun sehingga terbangun pada fase sleep paralysis. sayangkan jika sampai gagal dalam Sleep paralysis. selamat mencoba bagi para pemimpi sejati😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s