Facebook or Twitter ???

Image

Facebook adalah jejaring sosial yang menghubungkan seseorang dengan teman, rekan kerja, serta keluarga yang mungkin terpisah oleh jarak dan waktu. Terdapat banyak fasilitas dan fitur andalan di Facebook. Diantaranya adalah chatting, update status, berbagi informasi (link), photo, video, kirim pesan, membuat catatan, dan lain-lain.

 

Sedangkan Twitter adalah sosial media yang sering disebut microblogging karena lebih informatif dan memberikan kesederhanaan dalam tampilan dan mementingkan isi di dalamnya terbukti dengan tersedianya pembatasan 140 karakter dalam setiap tweet (status di Twitter). Twitter lebih bersifat informatif karena disitu kita bisa mendapatkan pengetahuan dan wawasan tambahan langsung dari ahli, brand produk, dan orang bersangkutan secara langsung bahkan hingga artis sekalipun.

 

Media sosial Facebook memang terbukti efektif menghubungkan pertemanan yang mungkin saja sudah lama tidak terjalin kini dapat dipertemukan dengan komunikasi lewat media sosial Facebook. Dengan algoritma tertentu facebook bisa menyarankan teman yang mungkin dikenal, serta bisa saja letak geografis, sekolah, tempat kerja menjadi pertimbangan untuk teman yang disarankan. Namun, Twitter juga tak kalah menarik dengan berbagai fasilitas yang menjadikan ruang privasi lebih terjaga dan informasi yang up to date serta terdapat fitur trendic topic sebuah topik yang paling banyak diperbincangkan sehingga kita bisa tahuinformasi apa yang sedang trend dan seru untuk diikuti.

Julukan untuk para pengguna Facebook disebut Facebooker. Sedangkan pengguna Twitter biasa disebut Tweeps. Para pengguna sosial media tersebut mempunyai kecenderungan yang berbeda. Untuk pengguna Facebook lebih sering membuat status yang bersifat curhat, keluhan, kegiatan sehari-hari, lebih bersifat narsis, eksis dan sedikit terkesan tebar pesona gratis meskipun tidak jarang ada pengguna Facebook yang suka berbagi informasi. Sedangkan pengguna Twitter cenderung lebih bersifat berbagi informasi, pengalaman, pengetahuan, wawasan serta berita terbaru meskipun tweet galau juga masih banyak dijumpai. 

mungkin perbedaannya adalah Para pengguna Twitter lebih cenderung berbagi informasi dan bersifat informatif karena pertanyaan awal untuk membuat status adalah ” Apa yang terjadi” ?. Tweeps akan lebih cenderung berbagi apa saja berita, informasi serta wawasan yang ada di sekitar tweeps entah itu cuaca, info terbaru dan lain-lain. sedangkan Facebooker lebih suka meluapkan segala apa yang dikeluh kesahkan, curahan hati, serta lain-lain tidak lain tidak bukan karena “Apa yang dipikirkan” oleh para Facebooker lebih banyak mengenai perasaan hati dan segala apa yang di pikirkan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s